Penggunaan influencer bisa jadi akan sangat anda butuhkan apabila bisnis online-mu ingin cepat berkembang dan dikenal. Banyak hal yang bisa anda lakukan dalam menjalin kerjasama dengan influencer di media sosial.
Apa saja tips memilih influencer yang sesuai
Kalau anda perhatikan, ada banyak hal yang biasa dilakukan oleh influencer dalam mempromosikan bisnis para client-nya. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan kerjasama dengan influencer. Apa saja tips itu, yuk simak penjelasanya sebagai berikut
1. Melakukan review dulu
Melakukan review adalah salah satu hal yang paling umum dilakukan. Seorang influencer biasanya akan diberikan produk lalu ia akan melakukan review pada platform yang telah disepakati, bisa Instagram, YouTube, Blog, dan lain-lain.
Biasanya, karena sebuah brand hanya memberikan produk secara gratis, maka review yang dikeluarkan oleh si influencer pun tidak bisa kita kontrol. Bisa jadi, review yang dilakukan justru menunjukan hal-hal buruk dari produk kita.
Mungkin harus ada perjanjian di awal apabila anda mau coba men-setting review dari si influencer tersebut. Anda bisa meminta mereka untuk me-review yang bagus-bagus saja tanpa perlu mengeluarkan kekurangan produk.
2. Menyesuaikan jangkauan
Dengan menyesuaikan jangkauan kreator secara spesifik dan memastikan bahwa caption maupun keterangan influencer telah dipersonalisasi, marketers cenderung mencapai lebih banyak keberhasilan daripada kumpulan influencer yang lebih samar yang menunjukkan sedikit kedekatan untuk brand.
3. Bekerja sama dalam giveaway
Kerjasama dalam bentuk kompetisi atau giveaway juga mulai sering terjadi. Seorang influencer biasanya akan mengatakan kalimat khas mereka seperti, “Aku akan kasih 2 produk X untuk anda, caranya gampang banget! Anda tinggal tulis di kolom komentar terkait alasan kenapa anda mau produk X. Jangan lupa follow Instagram @X dan mention juga di komentar anda, ya!”.
Cara ini nampaknya ampuh untuk bisa meningkatkan jumlah followers media sosial bisnis online-mu secara cepat. Bahkan, dengan cara ini secara tidak langsung anda bisa ‘memaksa’ konsumen untuk memfollow akun Instagram bisnis online-mu.
4. Melakukan sponsorship
Nah, tipe ini juga pasti sering anda temui di media sosial. Seorang influencer akan memposting sebuah foto atau video yang mana semua informasi yang diberikan itu sudah disiapkan oleh brand.
Bentuk kerja sama seperti ini terlihat lebih mudah apabila bentuk output-nya adalah foto. Biasanya, isi caption yang ditaruh oleh si influencer benar-benar template dari brand.
5. Menetapkan value
Saat bekerjasama dengan brand, Influencer juga menjalankan bisnis. Jadi tentu saja, kompensasinya berupa uang dan ini menjadi faktor penting. Namun, ada juga banyak cara di luar pembayaran untuk brand dengan cara memanfaatkan dan menciptakan peluang. Pikirkan cara kreatif untuk pembuat konten agar dapat memengaruhi hal-hal, seperti produk atau aspek lain dari marketing brand Anda.
Demikianlah tips-tips penting bekerjasama dengan influencer zaman sekarang. Yang wajib dipahami adalah brand juga harus mencari pembuat konten yang menunjukkan sinergi, estetika dan nada. Banyak kreator mengaitkan pengalaman bekerjasama yang buruk dengan brand dengan bisnis yang terlalu mengendalikan dalam hal gaya konten atau estetika.