Dalam kegiatan usaha, pelanggan adalah aset berharga khususnya pelanggan setia. Banyak usaha dilakukan untuk selalu menambah jumlah pelanggan baru tanpa melupakan pelanggan lama agar loyalitasnya terjaga. Hanya saja masih banyak yang belum paham bagaimana melakukannya.
Menarik dan Mempertahankan Pelanggan
Jika menghadapi masalah dalam mempertahankan pelanggan, berikut adalah beberapa kiat untuk membantu menarik pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama:
1. Membangun Komunikasi yang Baik
Menjalin komunikasi dengan pelanggan adalah cara pertama yang perlu diterapkan dengan baik. Cara ini penting untuk bisa diberi label sebagai “teman” atau mungkin “keluarga” oleh pelanggan.
Komunikasi yang dilakukan tidak melulu membahas produk atau jasa, bisa dengan mengobrol santai selayaknya bicara dengan teman dan keluarga sendiri. Ajak pelanggan untuk membicarakan banyak hal menarik, misalnya terkait hobi pelanggan, kesibukan atau pekerjaannya, dan lain-lain.
2. Memahami dan Mengenal Pelanggan
Mengenal sekaligus memahami pelanggan juga hal penting agar loyalitas mereka tidak berkurang secuil pun. Caranya adalah dengan komunikasi yang baik tadi, sekaligus selalu menyediakan produk dan jasa yang bermanfaat bagi mereka. Karakter atau manfaatnya selalu sesuai kebutuhan mereka. Maka, kenali dengan baik pelanggan Anda seperti apa.
3. Mengelola Keluhan Pelanggan
Dalam menjalankan usaha tentu tidak hanya menerima ulasan positif, namun juga negatif. Komplain adalah hal lumrah, poin kunci adalah bagaimana menyikapi atau bereaksi dengan komplain tersebut. Jadi, usahakan memberikan tanggapan positif dan menunjukan Anda bertanggung jawab selama pelanggan bisa membuktikan bahwa kesalahan memang dari pihak Anda.
4. Menjaga dan Meningkatkan Kualitas
Kualitas produk dan jasa juga perlu diperhatikan, sebab dengan menjaga kualitas yang ada. Atau bahkan mampu meningkatkannya dijamin akan menarik pelanggan baru sekaligus sukses memuaskan pelanggan lama, sehingga mereka semakin loyal.
5. Menambah Variasi dan Berinovasi
Produk dan jasa yang disediakan perlu dikembangkan, maka perlu menyediakan variasi lain dan melakukan inovasi secara berkala. Hal ini akan mencegah kebosanan pasar dan mampu menarik pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama.
6. Memanjakan Pelanggan dengan Promo Menarik
Tanpa pelanggan usaha Anda tidak akan sampai di titik tertinggi dari waktu ke waktu. Maka mencoba memanjakan mereka adalah langkah tepat, sehingga merasa dihargai. Hal ini membantu menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Cara memanjakan mereka pun beragam, salah satunya dengan promo menarik atau undian berhadiah.
7. Terlibat dalam Berbagai Kegiatan Positif
Ikut terlibat dalam kegiatan positif seperti charity, atau kegiatan lain yang sifatnya sosial juga bisa dilakukan. Supaya bisa memberi manfaat kepada orang banyak sekaligus membangun reputasi positif. Langkah ini membantu usaha terus berkembang karena akan dikenal luas dengan citra positif tadi.
Kiat-kiat atau cara di atas akan membantu mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari masyarakat. Sehingga bisa menarik perhatian pelanggan baru dan sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggan lama. Hal ini akan berdampak baik bagi profit usaha dan masa depannya.